Membina Akhlak Mulia, Badan Sehat dan Pribadi yang unggul.
Sinar Perak mengajarkan banyak hal dalam usaha mencapai kesehatan jasmani dan rohani.

Pengalaman yang ingin kami bagikan tentang Sinar Perak kepada masyarakat luas dalam berbagai kegiatan seperti olahraga, usaha pengenalan yang mendalam tentang penyakit, asal muasalnya dan upaya penyembuhannya, serta perbaikan perilaku sehari-hari sehingga bisa menjadi manusia yang ber Akhlak Mulia, Sehat dan juga ber-ke-Pribadian Yang Unggul

Tuesday, February 17, 2009

Latihan Bersama & Ujian Kenaikan Tingkat di Yogyakarta

Akhirnya, tanggal 14 Februari 2009 datang juga.....

Rombongan Sinar Perak Semarang berangkat dari Telkom Jl. Pahlawan Pk. 13.30 dan tiba di Brongto Hotel Pk. 17.00.......

Para Aspel Semarang cek in di Brongto Hotel, tapi ternyata kita kebagiannya di Hotel Ruba.... tidak terlalu jauh sih dari pusat kegiatan sabtu malam. Karena acara dimulai tepat Pk. 17.00 Rombongan dari Semarang terutama yang ikut ujian wawancara mempersiapkan diri mengikutinya.


Di Pendopo Joglo Hotel Brongto ini Pusat Kegiatan ujian Kenaikan Tingkat diadakan, dari tingkat II ke III dan seterusnya.

Beberapa siswa dan aspel di luar pendopo mempersiapkan diri mengikuti kegiatan ujian. Ada yang mengabsen siswanya, adanya membagikan kartu ujian, pokoknya rame deh... Yang siswanya deg-deg..an.. he.. he. padahal ujian nyante kok. Kalo kurang benar, Aspel yang menguji akan membantu memberikan pengetahuan yang benar.

Materi ujiannya ; tentang ke-SP-an, tentang metode penyembuhan SP, ada senam dan jurusnya juga.






Acara ujian bagian pertama diistirahatkan untuk keperluan sholat Maghrib, dan sebagainya dan dilanjutkan pada Pk. 19.00 untuk tingkat 4 dan seterusnya.

Sambil menunggu rekan-rekannya ujian, siswa yang lain bisa menyaksikan aneka kegiatan SP lewat layar tancep... eh bukan di tancep ya...he.. he...

Acara ujian wawancara Sabtu malam berakhir Pk. 21.00, wah telat dari rencana semula. ya gak pa pa... kan latihan kesabaran karena memang peserta ujiannya banyak.

Kemudian di teruskan dengan sarasehan yang dibuka oleh Bp. Latif (Ketua Pusat PB Sinar Perak), kemudian di teruskan oleh Bp. Edi (Ketua Harian PB Sinar Perak)

Ini materi yang disampaikan Bp. Edi, tapi bukan kecil.. kecil gitu lhohh...

'Melihat SP dari sisi yang lain'

Begitu ungkapan awal sarasehan malam Sabtu, 14 Februari 2009.

Disampaikan tentang akhlak, perilaku, yang baik yang bagaimana yang diajarkan di Sinar Perak, yang pada akhirnya akan bermanfaat bagi kesehatan diri sendiri, keluarga, dan masyarakat pada umumnya. Di mana ternyata banyak sekali penelitian baik dari dalam maupun luar negeri yang bahkan di th 1800-an sudah ada penelitian yang menyatakan ada hubungan antara akhlak dan kesehatan.

Lingkungan silaturahmi di Sinar Perak mendukung pemahaman berakhlak dan berperilaku yang mulia karena berakhlak mulia tidak semudah membalik telapak tangan. Butuh waktu, proses, kerja keras, lingkungan yang mendukung hingga bisa saling intropeksi dan mengaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari.


Di Sinar Perak mewujudkan kesehatan melalui olah raga dan berlatih menuju akhlak mulia.


Disinilah diharapkan sehat jasmani dan rohani. Apalagi secara berkala Pembina PB Sinar Perak (Ir. H. Joko Ismanu Herlambang) memberikan pembinaan akhlak secara langsung.

Itu sekilas inti sarasehan malamnya.
Usai sarasehannya, Bp. Latief memandu seluruh yang hadir berdoa bersama.
Acara berakhir pada Pk. 24.00 eh. kurang dikit... dan semua siswa di persilakan untuk istirahat karena besok acara masih seharian.........

Pagi... Minggu 15 Februari 2009

Bangun pagi-pagi, mandi, lihat TPI (Bengkel Hati, Mas Dhanu), di teruskan sarapan pagi, dan berangkat deh ke Alun-alun Kidul Pusat Kegiatan Latihan Bersama dan Ujian Kenaikan Tingkat Minggu ini.

Ini gerbang ke arah alun-alun, agak gerimis pas pagi kita berangkat.


ni beringin kembar yang biasa ada di semua alun-alun, sebelum dihiasi siswa-siswa SP....

nah yang ini sebagian peserta dari Semarang berpose sebelum mandi keringat....

Sekitar Pk. 07.00 waktu mulai latbernya.

Diawali dengan doa bersama, kemudian rangkaian acara latihan bersama dimulai.. seperti latihan biasa di tiap cabang… bedanya…yang ikut banyak banget dan pastinya ada bonus tambahan jurus.

Dari pemanasan kemudian diteruskan 10 kali kelililing alun-alun Kidul… tapi jadinya 3 kali saja deh.. soalnya dah pada lemes… he.. he..
Istirahat sebentar dan kemudian diteruskan senam SP, sebanyak 14 senam, dan bonus senam 12 bagi siswa putri. Wah cuaca mendukung, agak mendung-mendung dikit, ujan rintik kadang-kadang saja.. ditambah banyaknya temen bikin latihan jadi semangat tuhhh..

Baru kemudian jurus jurus dari tingkat I dan seterusnya..
Eh komplet lho siswa SP dari yang masih imut-imut, remaja, ibu-ibu, nenek-nenek, kakek-kakek... jadi bukan halangan bagi siapapun yang pengen gabung di SP.


Wah.. pak... jangan seram-seram saya sdh angkat tangan lhoh.. he.. he..




Nah yang sudah sepuh pun boleh kok ikut SP...


Yang beda dari jurus jurus latber kali ini adalah semua siswa dari tingkat 3 sampai 8 barengan lakukan jurus terus, kalo biasanya tingkat 3 boleh istirahat duluan, kemudian tingkat 4 boleh istirahat duluan… dst. Kecuali ketika sampai jurus tingkat 7 & 8, yang lainnya boleh istirahat..

Usai sudah pelaksanaan latihannya, dan sambil istirahat, siswa menunggu penataan batu-batu untuk ujian pecah batu. Waaahh… yang ujian mulai deg-degan lagi… tapi tidak juga ya, lihat aja lebih banyak yang santai dan percaya diri.

Ujian pecah batu, per urutan dari tingkat 2 naik ke 3, 3 ke 4 dan seterusnya dengan masing-masing tingkatan beda jumlah batunya dan jenis batunya.

tdk banyak soalnya nanti blognya susah di buka..
Yang habis pecah batu, acara di teruskan dengan pemberian bonus-bonus tambahan jurus oleh Bapak Latif langsung, didampingi Mas Zaki (tulisannya bener gak ya?).
Rata-rata ada tambahan 2 jurus langsung untuk tingkat 3,4,5, sementara tingkat 6 Cuma 1 jurus, tingkat 7 dengan syarat tambahan nafas duduk (biar mantap).

Dan bagi siswa tingkat 7 & 8, Bp. Latif memberikan pesan-pesannya agar mulai mengaplikasikan ilmu yang di dapat dalam kehidupan sehari-hari.

Diakhir acara ditampilkan unjuk kebolehan dari para Aspel Pusat (4 orang) yang menunjukkan kebolehannya dalam ber’samurai’ eh…. Samurai beneran lho.. ngeri lihatnya.
Untuk samurai ini, hanya special diberikan kepada aspel tertentu yang pastinya sudah melalui pemilihan yang tidak mudah.

Kemudian Mas Bagus (team pusat) unjuk kebolehan dikeroyok 4 orang Aspel… ada yang tangan kosong, dengan tongkat, dengan samurai dan satunya apa ya tuh.. samurai pendek..

. Sekitar Pk. 13.00 rangkaian acara selesai.
Kembali ke hotel, mandi-mandi, makan dan siap-siap pulang ke kampung halaman....
Alhamdulillah semua berjalan dengan baik dan lancar, yang pasti berkesan bagi semua peserta

5 comments:

Anonymous said...

Dua tahun lagi kan LUSTRUM SP bagaimana kalo siswa SP khususnya SP semarang menabung khusus untuk lustrum biar nantinya bisa berangkat semua

Admin said...

Makasih usulannya, besok pas latihan kita tawarkan ke teman2. Bagaimana Cabang lain, setuju???

TEAM PUSAT said...

SETUJU BANGET... angkat tgn no 1

Anonymous said...

Pak Nur Kapan ya kesini lagi untuk kerja bakti bersih2 di semarang??????

TEAM PUSAT said...

tentang bersih2 sudah kita bicarakan dgn mas Wal dan kita sarankan untuk dirembug dgn aspel smrg lalu disharekan dgn siswa silahkan kontak beliau saja
jk dilakukan di smrg kendala utama -mgk- terutama masalah tempat, tdk ada salahnya jk dilakukan di ambarawa krn tempatnya lbh memungkinkan, dimhn.....
bg teman2 smrg u/ lbh arif dlm mensikapinya, yg ptg kerjabaktinya kan? bukan hrs berada dicabang mana