Membina Akhlak Mulia, Badan Sehat dan Pribadi yang unggul.
Sinar Perak mengajarkan banyak hal dalam usaha mencapai kesehatan jasmani dan rohani.

Pengalaman yang ingin kami bagikan tentang Sinar Perak kepada masyarakat luas dalam berbagai kegiatan seperti olahraga, usaha pengenalan yang mendalam tentang penyakit, asal muasalnya dan upaya penyembuhannya, serta perbaikan perilaku sehari-hari sehingga bisa menjadi manusia yang ber Akhlak Mulia, Sehat dan juga ber-ke-Pribadian Yang Unggul

Thursday, May 22, 2008

Pembengkakan Akibat Batu Ginjal

Kebetulan ada artikel menarik tentang batu ginjal secara medis yang akan sangat bermanfaat bagi temen-temen SP yang sudah mulai mendapat materi pengobatan.

Batu ginjal di dalam saluran kemih adalah massa keras seperti batu yang terbentuk sepanjang saluran kemih dan bisa menyebabkan nyeri, pendarahan, penyumbatan aliran kemih atau infeksi. Batu ini bisa terbentuk di dalam ginjal (batu ginjal) atau di kandung kemih (batu kandung kemih)

Batu ginjal terjadi karena air kemih jenuh dengan garam-garam yang dapat membentuk batu atau karena air kemih kekurangan penghambat pembentukan batu yang normal. 80% terdiri dari kalsium, sisanya mengandung berbagai bahan, termasuk asam urat, sisten dan mineral struvit (campuran dari magnesium, amonium dan fosfat).

Ukuran batu bervariasi dari yang tidak dapat dilihat sampai 2,5 cm.

Batu dikandung kemih menimbulkan nyeri di perut bagian bawah (kollik), batu yang menyumbat ureter maupun saluran didalam ginjal bisa menyebabkan sakit punggung atau nyeri kollik yang hebat. Gejala lainnya bisa mual dan muntah, perut menggelembung, demam, menggigil dan darah di dalam air kemih.

Batu bisa menyebabkan infeksi saluran kemih karena batu menyumbat aliran kemih, bakteri terperangkap di situ dan terjadilah infeksi. Jika penyumbatan berlangsung lama, air kemih akan balik ke saluran di dalam ginjal, menyebabkan penggelembungan ginjal sehingga ginjal bengkak dan bisa terjadi kerusakan ginjal.


Secara medis, batu bisa di obati sehingga hancur dan keluar bersama air kemih, bahkan untuk batu yang masih sangat kecil hanya perlu banyak minum air putih. Namun untuk kasus tertentu perlu diangkat dengan sayatan tertentu di kulit diikuti pengobatan ultrasonik.

Nah untuk rekan-rekan di Sinar Perak, gambaran tersebut diatas secara medis dapat membantu kita melakukan pengobatan 'ala' SP dimana untuk siswa yang sudah mendapat pelajaran dari Aspel bisa membantu sesama untuk menyelesaikan masalah batu ini.

Semoga bermanfaat dan selalu menjadikan kita mensyukuri segala kenikmatan yang kita terima. Amien

No comments: